Skip Navigation LinksHome > > Cara Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Remaja
Cara Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Remaja

Cara Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Remaja

Cara Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Remaja

Fase remaja adalah fase yang tergolong cukup menantang bagi sebagian orang, sehingga mengajar sekolompok anak muda yang sedang memasuki tahap pendewasaan diperlukan strategi dan keterampilan tersendiri. Khususnya dalam mengajarkan mereka Bahasa Inggris, berbeda dengan Matemetika atau Fisika, banyak ragam metode menyenangkan yang dapat digunakan untuk mengajar keterampilan tersebut.

Respon yang sering didapatkan ketika guru sedang mengajar remaja adalah jawaban singkat sebatas ‘ya’, ‘tidak’ dan yang paling sering adalah ‘tidak tahu.’ Kurangnya antusias belajar adalah hal yang umum dikalangan kelompok umur ini. Oleh sebab itu, metode terbaik untuk mengajar mereka adalah dengan meningkatkan motivasi belajar anak itu sendiri. Berikut beberapa cara efektif mengajarkan Bahasa Inggris untuk remaja.

Gunakan referensi luar seperti trend yang sedang digemari remaja. Perlu dipertimbangkan topik-topik terkenal apa yang sedang dibicarakan oleh mereka. Tidak semua topik terkenal dibicarakan oleh anak remaja, dan setiap kelompok remaja membahas topik yang berbeda-beda. Perhatikan kelompok anak remaja yang Anda ajar, apa mereka akan lebih tertarik mendengar soal Taylor Swift atau Chris Brown.

Cara efektif mengajarkan Bahasa Inggris untuk remaja berikutnya adalah melalui kompetisi sehat. Permainan yang kompetitif akan memicu motivasi mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelajaran.

Pendekatan ketiga, adalah cara memotivasi remaja untuk membaca text Bahasa Inggris. Pastikan materi bacaan sesuai untuk kelompok umur remaja. Materi yang diberikan pastikan dapat memicu ketertarikan mereka. Bahan yang terlalu ringan dengan konten visual kartun putri atau binatang mungkin tidak menarik lagi untuk mereka. Topik seputar artis, olahraga, musik akan dapat menarik perhatian ketimbang cerita Cinderella atau Peter-Pan.

Berikut gunakan lagu untuk mengasah keterampilan listening comprehension mereka. Penggunaan lagu yang mereka sukai, atau lagu yang dapat mencerminkan kehidupan remaja tentu dapat menarik perhatian mereka, ketimbang menggunakan audio rekaman percakapan yang sering didapati pada materi-materi panduan Bahasa Inggris.

Cara efektif mengajarkan Bahasa Inggris untuk remaja dimulai dari memicu motivasi belajar mereka, dengan cara mencari materi-materi yang relevan dengan anak muda, serta kegiatan-kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan.


Artikel Berkaitan
Usia Siswa
  • 18+
  • 14-17
  • 10-13
  • 7-9
  • 4-6

Nama

Telepon

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Email

Kami membutuhkan alamat email Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai penawaran khusus dan diskon di EF English First. Kami tidak akan menggunakan alamat email Anda untuk tujuan lain.

Area

Pilih area terdekat Anda

Berita Terbaru

03-13-2014

EF Ditunjuk Sebagai Mitra Resmi Pelatihan Bahasa ...

Rio de Janeiro, Brazil - March 13, 2014 EF Education First has been appointed Official Supplier of Language Training Services for the Rio 2016 Olympic and Paralymp...

Baca lebih lanjut

Tahukah Anda?

Memimpin di Dunia Pendidikan Bahasa Inggris: Unit...

Unit Penelitian EF didirikan di Universitas Cambridge

EF telah mendirikan sebuah Unit Penelitian di Departemen Teori dan Terapan Linguistik Universitas Cambri...

Baca lebih lanjut

Saya Ingin Bertanya

Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.

Tanya sekarang

Kota Anda

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar

Pilih kota tempat Anda tinggal