Skip Navigation LinksHome > Dongeng Bahasa Inggris > Dongeng Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah
Dongeng Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah

Dongeng Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah

Dongeng Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah

Kurikulum pendidikan mata pelajaran Bahasa Inggris sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Dengan materi-materi pelajaran yang dirancang secara kreatif dan inovatif, pelajar diharap dapat mencapai hasil yang maksimal. Selain latihan soal-soal grammar dan tenses guna melatih akurasi penggunaan tata bahasa, cerita dongeng Bahasa Inggris untuk anak sekolah juga patut diikutsertakan untuk melatih pemahaman umum mereka akan suatu bacaan, dan juga sebagai sarana pengenalan kultur dan budaya asing yang tertanam dalam dongeng-dongeng asing tersebut.

Menurut tingkatan kesulitan cerita, dongeng Bahasa Inggris untuk anak sekolah dapat dirancang dalam beragam rangkaian agar dapat disesuaikan dengan kemampuan Bahasa Inggris anak sekolahan itu sendiri. Bagi mereka yang berada di tingkatan pemula atau dasar, dongeng dapat dibawakan secara verbal dalam Bahasa Inggris oleh guru mereka, dengan didampingi oleh gambar ilustrasi. Cara lain, anak-anak dapat dibawa ke dalam ruang audiovisual di mana mereka dapat menonton film cerita dongeng pendek dalam Bahasa Inggris. Di sini informasi yang diterima akan lebih mudah diserap, sehingga proses pembelajaran murid menjadi lebih cepat dan efektif. Terakhir, bagi murid pemula, mereka dapat juga menonton pertunjukan theatre berceritakan dongeng Inggris yang diperagakan oleh kakak kelas mereka yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris lebih baik.

Selain cara pembelajaran lewat dongeng Bahasa Inggris untuk anak sekolah yang telah disebutkan di atas, bagi murid dengan kemampuan yang lebih tinggi, dapat mulai diberikan bacaan yang lebih panjang dan tanpa gambar ilustrasi, seperti buku seri The Chronicles of Narnia, karangan C.S. Lewis, atau serial karangan Enid Blyton. Pada tahap ini, kemungkinan murid akan membaca buku tersebut berulangkali untuk mengerti keseluruhan cerita tersebut. Media lain seperti film atau seri TV cerita dongeng seperti Enchanted, atau seri Once Upon a Time juga bisa menjadi pilihan untuk mereka.

Apapun tingkatan kemampuan Bahasa Inggris seorang anak sekolah, ia tetap dapat menikmati dongeng Bahasa Inggris baik di rumah mau pun di sekolah, tidak hanya melalui buku bacaan tetapi media lain seperti film atau pertunjukkan theatre juga.


Artikel Berkaitan
Usia Siswa
  • 18+
  • 14-17
  • 10-13
  • 7-9
  • 4-6

Nama

Telepon

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Email

Kami membutuhkan alamat email Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai penawaran khusus dan diskon di EF English First. Kami tidak akan menggunakan alamat email Anda untuk tujuan lain.

Area

Pilih area terdekat Anda

Berita Terbaru

12-02-2013

EF City Wide Life Club Saturday 14th December - K...

EF English First kembali mengadakan City Wide Life Club di KidZania SCBD Pacific Place Jakarta pada tanggal 14 Desember 2013! Informasi lebih detail dap...

Baca lebih lanjut

Tahukah Anda?

Memimpin di Dunia Pendidikan Bahasa Inggris: Unit...

Unit Penelitian EF didirikan di Universitas Cambridge

EF telah mendirikan sebuah Unit Penelitian di Departemen Teori dan Terapan Linguistik Universitas Cambri...

Baca lebih lanjut

Saya Ingin Bertanya

Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.

Tanya sekarang

Kota Anda

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar

Pilih kota tempat Anda tinggal