Skip Navigation LinksHome > Menulis Bahasa Inggris > Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Dalam literature bahasa Inggris, pengucapan dan penulisan tanggal memiliki format yang jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Setidaknya ada dua cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris, yang pertama adalah menuliskan hari dahulu sebelum bulan, atau menuliskan bulan terlebih dahulu sebelum hari. Anda juga bisa menggunakan tulisan, ataupun angka dengan akhiran bilangan bertingkat (st, nd, rd, atau th) dalam menuliskan format tanggal dalam bahasa Inggris.

Sebagai contoh adalah 7th of August, 2013

Pada contoh diatas preposisi of sebelum bulan bisa juga dihalangkan, begitu juga dengan tanda koma sebelum format tahun. Sebab saat ini penggunaan koma sebelum tahun sudah mulai ditinggalkan, karena dianggap tidak umum lagi, khususnya dalam bahasa Inggris British.

Cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris lainnya adalah dengan menggunakan angka, dengan bentuk yang paling umum adalah, 10/09/13 atau 10-9-13. Namun ada hal yang perlu diperhatikan pada cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris tersebut. Pada bahasa Inggris British, cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris tersebut memiliki arti 10 September 2013, sementara orang Amerika akan membacanya sebagai 9 October 2013.

Demi menghindari kerancuan pada cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris tersebut, sebaiknya Anda harus mengeja bulan atau dengan cara menggunkan singkatan. Sebagai contoh, 10 Sept 2013 atau the tenth of September 2013. Atau bisa juga dengan cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris sebagai berikut, Sept 10 2013 atau September the tenth 2013.

Satu hal yang perlu di ingiat pada cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris British, ketika menempatkan hari sebelum bulan maka gunakanlah kata the sebelum hari dan preposisi of sebelum bulan. Sementara cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris Amerika, preposisi the bisa Anda hilangkan.

Jika kita menengok buku-buku sejarah, ada beberapa cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris yang mungkin membingungkan. Sebagai info, frasa BC dikenal sebagai Before Christ, atau Sebelum Masehi. Sementara AD adalah Anno Domini, yang berarti Masehi.


Artikel Berkaitan
Usia Siswa
  • 18+
  • 14-17
  • 10-13
  • 7-9
  • 4-6

Nama

Telepon

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Email

Kami membutuhkan alamat email Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai penawaran khusus dan diskon di EF English First. Kami tidak akan menggunakan alamat email Anda untuk tujuan lain.

Area

Pilih area terdekat Anda

Berita Terbaru

03-13-2014

EF Ditunjuk Sebagai Mitra Resmi Pelatihan Bahasa ...

Rio de Janeiro, Brazil - March 13, 2014 EF Education First has been appointed Official Supplier of Language Training Services for the Rio 2016 Olympic and Paralymp...

Baca lebih lanjut

Tahukah Anda?

Memimpin di Dunia Pendidikan Bahasa Inggris: Unit...

Unit Penelitian EF didirikan di Universitas Cambridge

EF telah mendirikan sebuah Unit Penelitian di Departemen Teori dan Terapan Linguistik Universitas Cambri...

Baca lebih lanjut

Saya Ingin Bertanya

Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.

Tanya sekarang

Kota Anda

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar

Pilih kota tempat Anda tinggal