Skip Navigation LinksHome > Idiom dalam Bahasa Inggris (2)

Idiom dalam Bahasa Inggris (Bagian 2)

"Cute as a button" Apa sebenarnya arti ungkapan ini? Apakah kancing (button) merupakan sebuah hal yang menggemaskan? Bagi kita, ungkapan ini mungkin terdengar aneh, tapi untuk penutur asli, ini sama sekali tidak aneh. Ada banyak sekali idom dalam bahasa Inggris yang memiliki arti menarik dan dapat kita pelajari. Berikut adalah beberapa idiom bahasa Inggris yang patut kita mengerti.

Cute as a button

Idiom ini bukan membicarakan tentang kancing yang menggemaskan, melainkan memiliki arti bahwa sesuatu atau seseorang sangatlah menarik. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan idiom ini dalam percakapan sebagai berikut. Seseorang berkata, "Have you seen her daughter? She's turning 13 years old this year.". Yang lainnya merespon, "Oh, you mean Sally? Yes, I just saw her the other day. That girl is cute as a button!"

Kill with kindness

Idiom ini biasanya memiliki obyek ditengah-tengahnya. To kill someone with kindness berarti Anda memperlakukan seseorang terlalu baik, sehingga merugikan orang tersebut. Misalnya, "Aunt Lily constantly sends Jim chocolates, cake and sweets, even though she's been told that Jim's on a diet! She kills him with kindness." Jim yang malang, kebaikan Aunty Lily malah justru merugikannya.

Pulling someone's leg

To pull someone's leg tidak ada hubungannya dengan menarik kaki seseorang. Idiom ini berarti membodohi atau mengatakan sesuatu yang tak benar kepada seseorang dengan tujuan membuat mereka percaya akan yang dikatakan. Biasanya digunakan dalam konteks bercanda dan dalam bentuk continuous tense. Contoh dalam kalimat: "I was just pulling Sam's leg when I said Lisa wanted to go out with him, but he believed me and called her. And now they really are seeing each other!"

Stick someone's neck out

Apa yang dimaksud dengan stick someone's neck out? Idiom ini bisa digunakan saat seseorang berani mengambil resiko untuk orang lain. Misalnya Anda memiliki teman yang sangat baik hati dan selalu bersedia membantu teman lainnya. Bahkan mengorbankan kepentingan dirinya demi orang lain. Maka Anda bisa mengatakan "He always sticks his neck out to help people."

Stood someone's up

Apakah Anda pernah membuat janji dengan teman untuk bertemu di suatu tempat pada waktu yang telah disetujui bersama, tapi teman Anda tak datang? Atau apakah Anda bernah membuat janji dengan teman lawan jenis untuk berkencan, tapi ia pada akhirnya tak datang. Jika jawaban Anda adalah 'pernah', berarti Anda sudah pernah mengalami yang namanya "being stood up by someone". Contoh kalimat: "I am so mad at my boyfriend. We were supposed to have a date last night at the cinema but he stood me up."

Feeling in someone's gut

Idiom ini mungkin tidak sulit untuk kita pahami karena artinya sendiri berhubungan dengan perasaan atau naluri. Jika seseorang memiliki feeling in his/her gut itu berarti ia memiliki perasaan atau naluri yang kuat tentang sesuatu. Sebagai contoh, beberapa barang elektronik di kantor Anda hilang saat akhir pekan, padahal ada penjaga. Anda yakin penjaga tersebut terlibat dalam kasus hilangnya barang-barang elektronik, maka Anda bisa bilang "I have a feeling in my gut that the security guard in the office is involved in stealing the electronic goods in our office."

Artikel Berkaitan

Pelajaran Bahasa Inggris
Usia Siswa
  • 18+
  • 14-17
  • 10-13
  • 7-9
  • 4-6

Nama

Telepon

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Email

Kami membutuhkan alamat email Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai penawaran khusus dan diskon di EF English First. Kami tidak akan menggunakan alamat email Anda untuk tujuan lain.

Area

Pilih area terdekat Anda

Berita Terbaru

12-02-2013

EF City Wide Life Club Saturday 14th December - K...

EF English First kembali mengadakan City Wide Life Club di KidZania SCBD Pacific Place Jakarta pada tanggal 14 Desember 2013! Informasi lebih detail dap...

Baca lebih lanjut

Tahukah Anda?

UNESCO bekerja sama dengan EF English First Indon...

Dengan mengundang sekitar 200 siswa EF English First, UNESCO dan EF English First, bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, Friends ...

Baca lebih lanjut

Saya Ingin Bertanya

Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.

Tanya sekarang

Kota Anda

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar

Pilih kota tempat Anda tinggal